9 Permainan Bayi Saat Usianya Menginjak 10 Bulan Untuk Mengasah Otak

Sebagai seorang ibu pertumbuhan dan perkembangan buah hati akan menjadi suatu hal yang cukup penting. Terkadang ibu juga akan melakukan berbagai macam cara agar anaknya bisa lebih tanggap dalam memberikan respond.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, mulai dari terapi, pola makan yang baik, gaya hidup dan juga permainan kecil.

Bermain pada dasarnya memang akan membuat buah hati cenderung lebih cerdas. Terutama jika Anda berikan permainan bayi yang edukatif ketika buah hati mulai menginjak umur 10 bulan hingga 1 tahun. Sebab pada usia ini, biasanya bayi akan lebih cepat tanggap dalam memberikan respond.

Lantas permainan apa saja yang sebaiknya Anda lakukan? Berikut beberapa diantaranya:

Melambungkan ke Atas Udara

Salah satu permainan yang dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 10 hingga 12 bulan adalah permainan melambungkan buah hati ke atas udara.

Caranya juga cukup mudah, sama seperti Anda melambungkan bola pelan-pelan. Pertama peganglah kedua lengan buah hati kemudian lambungkan ke atas pelan-pelan saja dan turunkan.

Anda juga bisa melakukannya sambil bernyanyi lagu anak-anak misalnya saja Balonku, pelangi, dan lainnya. Sebab gerakan yang dibarengi dengan musik akan menjadikan dua sisi otak buah hati lebih mudah menerima rangsangan.

Lempar Tangkap Bola

Usia 10 hingga 12 bulan biasanya bayi sudah bisa duduk sendiri dengan tegak, sehingga ada cukup banyak permainan bayi yang bisa dilakukan. Salah satu permainan tersebut adalah lempar tangkap bola.

Yang perlu anda perhatikan adalah memilih bola yang terbuat dari kain bertekstur lembut agar buah hati tidak terluka ketika memainkannya.

Mulailah dengan mengajaknya duduk berhadapan kemudian gulingkan bola kain ke arahnya. Secara tidak langsung anak akan menangkap bola tersebut kemudian menggulingkannya kembali ke arah Anda. Jadi permainan ini sangat tepat digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak.

Bermain di Bak Mandi

Memilih permainan bayi yang edukatif tidak melulu harus mahal. Kini Anda juga bisa mengajaknya bermain bersama di bak mandi. Sebab biasanya bayi usia menjelang satu tahun lebih suka bermain di bak mandi sambil duduk.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyabuni anak menggunakan kain waslap kemudian ketika sampai pada bagian ketiak berikan sentuhan kecil seperti gelitikan dengan sabun.

Selain cara tadi, Anda pun bisa memberikan cipratan air, angkat mainan ke atas dan jatuhkan lagi ke bawah hingga timbul percikan air. Sebaiknya Anda melakukan kedua cara tersebut sambil mengobrol untuk melatihnya berbicara.

Gendong Bayi di Bahu

Siapa sangka menggendong bayi pada bahu ternyata dapat menjadi salah satu alternatif permainan bayi edukatif yang mampu meningkatkan keterampilan motorik anak. Dari permainan ini anak akan cenderung menjaga keseimbangan. Jadi anak akan merasa percaya diri bahwa dirinya bisa dan tidak akan terjatuh.

Anda bisa melakukannya dengan mendudukkan bayi ke bahu dengan kaki yang terjulur ke arah depan. Pegangan kedua tangannya sambil lakukan gerakan kecil seperti melompat, berjalan pelan kemudian cepat, lari-lari kecil sambil mengitari ruangan dan lainnya. Memang terlihat sangat sederhana, namun permainan bayi ini terasa asyik untuk buah hati.

Kereta Dorong

Bayi usia 10 hingga 12 pada umumnya sudah mulai belajar untuk merambat dan juga berjalan. Nah kali ini Anda bisa memanfaatkannya untuk memberikan permainan kereta dorong untuk melatihnya berjalan. Nantinya anak akan berpegangan pada dorongan kemudian berjalan pelan-pelan, jadi kereta dorong ini berfungsi sebagai tumpuan.

Salah satu hal wajib atau syarat dalam permainan bayi ini adalah pastikan jika dudukan pada kereta dorong yang akan digunakan sudah terpasang kuat. Selain itu Anda pun wajib berada dekat buah hati agar tidak terjadi beberapa risiko yang tidak diinginkan.

Gelembung Sabun

Kali ini Anda sebagai orang tua akan kembali diajak untuk bernostalgia dengan permainan yang murah meriah yaitu gelembung sabun. Ternyata, permainan yang sering Anda mainkan waktu kecil ini juga bisa menjadi permainan bayi yang menarik.

Sama halnya dengan zaman dulu, Anda tidak perlu membeli gelembung sabun, buat saja sendiri di rumah dengan sabun cuci piring atau detergen.

Tiup gelembung sabun ke arah buah hati dengan jarak yang cukup jauh. Pastikan jika gelembung tidak jatuh tepat di wajah anak, sebab ketika mengenai mata akan terasa perih. Permainan ini akan menjadi salah satu hal yang menarik untuk buah hati sebab ketika gelembung beterbangan ke atas ia akan berusaha mengambilnya dan akhirnya pecah.

Menyusun Balok

Salah satu permainan yang cukup populer dan berguna untuk meningkatkan kecerdasan anak adalah susun balok. Anda pun bisa loh memberikan permainan ini untuk anak usia 10 hingga 12 bulan. Hanya saja pilih balok yang ukurannya pas dengan genggaman bayi.

Anda hanya perlu memberikan contoh menyusun balok tersebut menjadi berbagai bentuk. Secara otomatis anak akan langsung meniru apa yang sedang Anda kerjakan dan mulai membuat bentuk dari susunan balok.

Agar kemampuan motorik dan kecerdasan anak bisa meningkat lebih maksimal dengan permainan menyusun balok, Anda juga perlu memilih balok dengan bentuk dan warna yang beragam. Sebab hal ini nantinya akan membantu anak agar lebih mudah dalam membedakan warna dan juga bentuk.

Bermain Puzzle

Saat bayi berusia 10 bulan biasanya sudah mulai bisa diajak untuk bermain puzzle. Puzzle yang dimaksud di sini adalah permainan bayi sederhana. Hal ini dimulai dari ukuran, bentuk dan lainnya. Pilih puzzle dengan ukuran yang besar dan hanya terdiri dari satu keping bentuk misalkan saja lingkaran, segitiga, kotak, dan juga bintang.

Puzzle juga akan didukung dengan satu lubang yang bentuk dan ukurannya sama dengan potongan puzzle, misalkan saja segitiga ya lubangnya juga berbentuk segitiga.

Hal ini akan semakin memudahkan anak dalam memasukkan potongan puzzle pada lubang yang sama. Jadi dengan otomatis kemampuan motoriknya akan semakin terasah.

Memberikan Buku Bergambar

Selain beberapa permainan di atas Anda juga bisa memberikan buku untuk permainan bayi yang edukatif. Buku yang menampilkan gambar dan warna menarik pada dasarnya cukup baik untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan motorik anak.

Sedikit berbeda dengan buku pada orang dewasa, Anda juga perlu menyesuaikan buku yang digunakan khusus untuk bayi. Saat ini sudah banyak sekali beredar buku yang terbuat dari kain, sehingga sangat aman untuk digunakan si kecil.

Bahkan warna dan bentuk gambar di dalamnya juga dibuat lebih menarik dan sangat cocok untuk bayi usia 10 hingga 1 tahun.

Bagaimana? Cukup banyak bukan permainan bayi untuk usia 10 bulan ke atas. Kini Anda bisa mulai mengajak buah hati untuk bermain beberapa permainan di atas, sehingga pertumbuhan dan perkembangan buah hati akan semakin terasah.

Jika bisa melakukan beberapa permainan yang sederhana, kenapa harus memilih permainan yang ribet dan mahal, iya tidak? Iya dong! Selamat mencoba ya, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda dan tumbuh kembang si kecil!