Cara Melatih Fisik Agar Tidak Cepat Lelah Saat Menghafal Al-Qur’an

Kelelahan secara fisik pastinya sering Anda alami saat sedang fokus pada suatu hafalan. Namun, seringkali kelelahan fisik yang Anda alami sedikit tidak wajar. Padahal baru saja melakukan aktivitas yang sedikit tetapi badan Anda lebih cepat mengalami kelelahan dan sering menguap.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bisa jadi Anda memiliki masalah kesehatan lain sehingga tubuh Anda lebih cepat mengalami kelelahan.

Terlebih ketika Anda menghafal Al-Qur’an, Anda akan membutuhkan konsentrasi tinggi agar hafalan cepat terserap oleh otak. Oleh sebab itu Anda memerlukan cara melatih fisik agar tidak cepat lelah sewaktu Anda sedang mempelajari bacaan Al-Qur’an, sehingga hafalan Anda pun cepat terekam oleh otak yang bekerja maksimal.

Untuk mengatasi kelelahan saat belajar maupun beraktivitas, artikel ini akan membahas mengenai cara melatih fisik agar tidak cepat lelah.

Namun sebelum itu ada baiknya Anda mengetahui penyebab kelelahan fisik terlebih dahulu. Berikut ulasannya:

  1. Kurang tidur.
  2. Sleep apnea (gangguan tidur yang ditandai dengan adanya kesulitan nafas secara berulang-ulang)
  3. Kekurangan energi.
  4. Anemia.
  5. Depresi.
  6. Hypothyroidism.
  7. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein.
  8. Infeksi saluran kemih.
  9. Diabetes.
  10. Dehidrasi.
  11. Penyakit jantung.
  12. Kerja shift yang mengganggu jam tidur.
  13. Alergi makanan.
  14. Fibromyalgia dan CFS (sindrom kelelahan kronis).

Itulah beberapa penyebab kelelahan fisik yang ada kaitannya dengan masalah kesehatan Anda. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara melatih fisik agar tidak cepat lelah.

Berikut ulasannya:

Berolahraga Fisik

Cara melatih fisik agar tidak cepat lelah yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Jika Anda merasa sehat namun sering mengalami kelelahan maka sebaiknya Anda melakukan latihan fisik dengan mengendarai sepeda statis kurang lebih selama 20 menit.

Atau bisa juga dengan melakukan lari pagi di area taman,hal ini selain membuat fisik Anda semakin kuat, juga bisa menyegarkan saraf otak Anda. Lakukan minimal seminggu tiga kali.

Berolahraga juga bisa dilakukan dengan senam atau terapi kebugaran. Dengan olahraga ringan seperti ini juga bisa melatih fisik Anda supaya tidak cepat lelah dalam melakukan aktivitas yang membutuhkan tingkat konsentrasi cukup tinggi.

Perbanyak konsumsi air putih

Tubuh Anda membutuhkan air paling tidak dua liter setiap hari. Tubuh manusia 80% merupakan cairan, sehingga untuk mencukupi kebutuhan tubuh saat beraktivitas perlu asupan air yang cukup. Dalam hal ini air putih lebih baik daripada minuman bersuplemen.

Lebih berat aktivitas yang dilakukan seseorang maka cairan yang diperlukan juga semakin banyak. Kurangnya air putih juga bisa berpengaruh pada daya konsentrasi Anda.

Untuk itu, cara melatih fisik agar tidak cepat lelah yaitu Anda harus memenuhi kebutuhan air sehingga tidak terjadi dehidrasi yang menyebabkan kurang fokus pada bacaan yang dihafalkan.

Menerapkan pola tidur yang teratur

Tubuh manusia memang memiliki kewajiban untuk bekerja, namun tubuh Anda juga punya hak untuk istirahat. Aturlah waktu istirahat yang cukup agar stamina tetap terjaga dan selalu fresh saat melakukan rutinitas sehari-hari.

Pola istirahat yang baik adalah dengan tidur cukup, tidak kurang, juga tidak lebih dari 8 jam setiap malamnya.

Tidur malam yang kurang bisa mengakibatkan lesu yang berkelanjutan pada siang hari. Sedang tidur yang berlebihan bisa saja membuat kepala Anda menjadi pusing.

Oleh sebab itu, untuk cara melatih fisik agar tidak cepat lelah adalah dengan menjaga pola istirahat Anda dengan tidur 8 jam pada malam hari dan 1 jam saat siang hari. Bahaya yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang saat tidur adalah sindrom sleep apnea.

Sleep apnea adalah gangguan yang dialami saat tidur, biasanya sindrom ini berkaitan dengan beberapa penyakit seperti gangguan jantung, hipertensi, diabetes, dan stroke.

Mungkin juga Anda pernah mengalami hal semacam ini, yaitu ketika Anda tidur tanpa sebab Anda kesulitan bernafas dan terjadi berulang-ulang. Hal inilah yang dinamakan dengan sleep apnea dimana gangguan ini terjadi akibat penyempitan saluran nafas pada waktu Anda tidur.

Gangguan seperti ini membuat Anda menjadi kurang tidur, meskipun Anda telah istirahat delapan jam namun pada nyatanya waktu tersebut telah berkurang akibat gangguan tidur yang Anda alami. Istirahat Anda pun menjadi tidak maksimal.

Asupan gizi seimbang

Cara melatih fisik agar tidak cepat lelah yang sangat penting adalah adanya asupan gizi yang cukup. Makanan yang Anda konsumsi sangat berpengaruh bagi tubuh, apabila Anda hanya mengkonsumsi makanan yang asal kenyang, kemungkinan nantinya akan berpengaruh buruk bagi daya tahan tubuh Anda. Oleh karenanya, perhatikan makanan yang tubuh Anda butuhkan.

Makanan sehat adalah makanan yang cukup akan nutrisi, vitamin, serta karbohidrat, agar bisa diserap tubuh secara seimbang. Selain nasi dan lauk, Anda sebaiknya juga mengkonsumsi sayur-sayuran segar dan buah-buahan yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa sayuran dan buah memiliki manfaat tertentu bagi tubuh Anda. seperti halnya sumber protein yang terdapat pada jenis kacang-kacangan bisa menghindarkan Anda dari anemia, sebab kacang terutama kacang merah dan kacang hijau dapat meningkatkan sel darah merah dengan sangat baik.

Cara melatih fisik agar tidak cepat lelah selanjutnya menjaga pola makanan Anda dengan mengurangi makanan yang mengandung gula berlebih, hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami diabetes ringan yang tidak Anda sadari.

Serta jangan konsumsi kafein yang berlebihan. Kafein yang berlebihan efeknya sangat buruk bagi tubuh. Tak hanya mengganggu tidur Anda namun juga bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan jantung. Lebih parah lagi ketergantungan terhadap kafein bisa menyebabkan depresi.

Sebagian orang menghindari makanan tertentu dengan alasan alergi terhadap beberapa jenis makanan. Lalu bagaimana asupan gizi bagi penderita alergi. Tidak banyak orang tahu bahwa alergi terhadap makanan bisa dihilangkan dengan kelapa muda hijau asli atau sering dikenal dengan degan wulung.

Jadi alergi terhadap makanan tidak harus diatasi dengan obat-obatan, namun bisa juga dengan bahan alami.

Multivitamin

Cara melatih fisik agar tidak cepat lelah penting untuk dilakukan. Jika Anda telah melakukan olahraga teratur, cukup istirahat, dan menjaga pola makan tetapi Anda masih sering lelah, kemungkinan Anda terkena sindrom kelelahan akut atau juga hypothyroidism dengan gejala yang hampir sama yakni lemas, keadaan kulit menjadi kusam seperti tidak terawat, rambut rontok, dan gangguan kesehatan lainnya. Tentunya hal ini akan mempengaruhi daya serap otak dalam menghafal bacaan-bacaan Al-Qur’an.

Agar terhindar dari sindrom kelelahan akut dan hypothyroidism, sebaiknya konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin D. Anda juga bisa mengkonsumsi sayuran laut dan rumput laut untuk mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Itulah cara melatih fisik agar tidak cepat lelah yang bisa Anda terapkan sebelum memulai hafalan Al-Qur’an. Akan tetapi perlu juga Anda melatih pernafasan agar nantinya dalam melafalkan bacaan tidak terputus-putus di tengah ayat. Sebab berhenti pada tempat yang salah bisa mengakibatkan makna dari ayat yang Anda hafalkan berubah.

Sekian beberapa anjuran yang bisa Anda simak, semoga bisa membantu. Terimakasih