Cara Membuat Suara Merdu Atau Bagus Dalam Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an adalah kewajiban bagi setiap Muslim. Pahala bagi yang membaca adalah sepuluh kebaikan di setiap hurufnya. Tidak hanya yang membaca saja, tetapi mendengarkan bacaan Al-Qur’an juga mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang membacanya.

Dalam membaca Al-Qur’an akan lebih baik jika dibaca dengan suara merdu, sebab dapat lebih mudah menggetarkan hati pendengarnya. Sehingga kecintaan terhadap Allah akan semakin bertambah.

Namun, setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam hal kualitas suara. Ada yang memang memiliki bakat sejak dari lahir dan bisa juga mendapatkan kualitas suara yang bagus karena latihan. Sebab, Ada beberapa cara membuat suara merdu atau bagus.

Jika Anda memang memiliki suara yang bagus karena bakat, Anda tetap perlu melatihnya agar sesuai dengan teknik-teknik vocal sehingga lebih enak ketika didengar.

Jika Anda memiliki kualitas suara yang kurang bagus maka Anda bisa melakukan latihan dengan rutin agar bisa membaca Al-Qur’an dengan teknik yang benar sehingga lebih terdengar merdu.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat suara merdu atau bagus dalam membaca Al-Qur’an.

Langsung saja bisa Anda simak ulasannya berikut ini:

Belajar ilmu tajwid

Ilmu tajwid adalah ilmu untuk membaguskan bacaan Al-Qur’an. Dalam ilmu ini dibahas mengenai Ahkamul huruf, Sifatul huruf, Makharijul huruf, Ahkamul Mad wal Qashr, dan sebagainya. Dalam membaca Al-Qur’an. Anda harus memperhatikan kaidah-kaidah dalam ilmu tajwid. Sebab, membaca Al-Qur’an dengan tartil hukumnya wajib. Disebutkan dalam Al-Qur’an Q.S Al-Muzzamil ayat 4 yang artinya:

Artinya: “Atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.”

Membaca Al-Qur’an semerdu apapun jika tidak sesuai dengan ilmu tajwid maka bacaan tersebut bisa mendatangkan dosa, sebab dapat mengubah arti dari bacaan Al-Qur’an. Maka dari itu, Anda harus lebih jeli dan berhati-hati dalam membaca Al-Qur’an.

Dalam ilmu tajwid terdapat pembahasan mengenai makharijul huruf yang artinya tempat keluarnya huruf. Anda bisa melatih suara Anda dengan membaca satu persatu huruf hijaiyah sesuai dengan makharijul hurufnya.

Dengan begitu, Anda bisa memperlancar bacaan dan pengucapan pada ayat-ayat yang pendek hingga yang panjang.

Melakukan latihan kekuatan suara

Melatih kekuatan suara ada hubungannya dengan pernafasan. Pernafasan yang baik akan mempermudah Anda dalam melakukan latihan kekuatan suara. Kekuatan suara yang dimaksud bukanlah tentang keras atau tidaknya suara Anda.

Akan tetapi lebih terkait dengan kejelasan pengucapan vokal sehingga bunyi huruf hijaiyah akan terdengar jernih dan jelas.

Cara membuat suara bagus atau merdu dengan latihan kekuatan suara bisa Anda lakukan dengan meniup lilin dari jarak yang jauh kurang lebih satu setengah meter dari tempat Anda.

Tiup lilin tersebut hingga padam. Lakukanlah setiap hari 30 kali secara rutin. InsyaAllah kualitas kekuatan suara Anda akan jauh lebih baik.

Melatih pernafasan

Teknik pernafasan yang baik dapat membantu Anda dalam cara membuat suara bagus atau merdu. Teknik pernafasan yang digunakan ketika membaca Al-Qur’an adalah teknik pernafasan perut.

Cara sederhana untuk menentukan jenis pernafasan perut adalah dengan melihat apakah perut Anda menggembung atau tidak ketika bernafas. Jika iya, maka teknik pernafasan yang Anda lakukan sudah benar.

Untuk melatihnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Posisikan tubuh Anda secara nyaman dan rileks. Anda boleh berdiri, duduk, maupun bersila. Kemudian Anda harus menegakkan punggung lalu tarik nafas dalam-dalam menggunakan perut. Lakukan selama sepuluh detik.
    Kemudian tahan nafas Anda di perut selama 10 detik sampai perut terasa lebih keras.
  2. Hembuskan nafas melalui mulut perlahan hingga mencapai sepuluh detik juga. Lakukan dengan rileks sambil membunyikan kata “Aaaa”.
  3. Lakukan kegiatan tersebut berulang-ulang dan tambahkan durasinya secara bertahap.

Hindari konsumsi kafein dan rokok

Cara membuat suara bagus atau merdu yang selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi kafein. Sebab kafein memiliki sifat menarik keluar air di dalam tubuh sehingga menghilangkan zat pelumas pada pita suara. Yang termasuk minuman berkafein adalah teh, kopi, serta minuman ringan.

Jika Anda ingin memiliki suara yang bagus, hindari juga menghisap rokok, sebab zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan pita suara Anda rusak dan dapat menyebabkan paru-paru Anda menjadi tidak sehat.

Padahal paru-paru adalah organ pernafasan yang mendukung kualitas suara Anda.

Sebaiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi air putih dibandingkan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan juga mengkonsumsi rokok.

Air putih bisa membuat pita suara Anda mendapatkan pelumas yang cukup. Konsumsi air putih dua liter per hari merupakan salah satu cara membuat suara bagus atau merdu.

Melatih vibrasi suara

Vibra adalah getaran ketika mengeluarkan suara yang disebabkan karena adanya kontraksi pada pita suara.

Untuk membaca Al-Qur’an dengan suara merdu yang tidak menyebabkan kelelahan maka Anda perlu mengatur vibrasi suara. Hal tersebut merupakan cara membuat suara bagus atau merdu dan selalu stabil.

Cara melatihnya adalah sebagai berikut:

  1. Bacalah Al-Qur’an dengan irama tertentu.
  2. Anda harus bisa merasakan udara yang mengalir di dalam pita suara.
  3. Fokuslah dan baca Al-Qur’an secara natural sehingga Anda bisa mendapatkan vibrasi pada alunan nadanya.
  4. Jangan gerakkan tenggorokan Karena dapat membuat Anda cepat merasa lelah dan tenaga Anda menjadi lebih mudah terkuras. Hal tersebut dapat mengakibatkan suara Anda semakin lama menjadi semakin tidak stabil.
  5. Yang diharapkan dari latihan vibrasi ini adalah Anda dapat mengatur getaran yang sewajarnya dan stabil.
  6. Sehingga latihan ini harus dilakukan perlahan dan bertahap.
  7. Menjaga kesehatan serta stamina tubuh.
  8. Dengan menjaga kesehatan serta stamina tubuh tentu saja akan berpengaruh pada kualitas suara Anda.

Cara membuat suara bagus atau merdu berikutnya adalah dengan rajin berolahraga dan beristirahat yang cukup. Anda juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh agar stamina selalu terjaga.

Hal tersebut perlu Anda lakukan sebab ketika mengeluarkan suara, Anda juga secara otomatis mengeluarkan energi yang cukup banyak. Jika tubuh Anda fit dan stamina terjaga, maka suara yang Anda keluarkan akan maksimal.

Selalu perbaharui niat

Melakukan segala cara membuat suara bagus atau merdu harus diniatkan semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah. Jangan sampai Anda melakukan semua itu hanya demi pujian dari manusia saja.

Jika hal tersebut yang Anda niatkan, maka Anda hanya akan mendapatkan pujian saja yang tidak bermanfaat sama sekali.

Anda harus berfikir jika Anda mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, benar, dan merdu, Anda bisa menggugah semangat orang untuk semakin mencintai Al-Qur’an.

Dengan begitu maka Anda secara tidak langsung telah melakukan dakwah yang pahalanya sangat besar. Untuk itu, selalu perbaharui niat jika Anda mulai goyah dengan hal-hal yang bersifat keduniawian. Mintalah perlindungan dari Allah dari sifat riya’ (pamer).

Itulah beberapa cara membuat suara bagus atau merdu dalam membaca Al-Qur’an. Semoga bermanfaat.