Cara Mudah Dan Cepat Menghafal Al Qur’an Agar Mendapat Syafa’at Di Yaumul Qiyamah

Menjadi seorang penghafal Al-Qur’an adalah impian yang sangat mulia di hadapan Allah SWT. Sebab menjadi penghafal Al-Qur’an memiliki beberapa keutamaan. Diantaranya hafalan AL-Qur’an akan menjadi syafa’at bagi penghafalnya, menjadi benteng dan perisai hidup, mendapatkan nikmat sebagaimana nikmat kenabian.

Para ahli Al-Qur’an adalah termasuk keluarga Allah yang berjalan diatas bumi, akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat yang terbuat dari cahaya seterang cahaya matahari, dan masih banyak lagi.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa menghafal Al-Qur’an adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Namun, kenyataannya ada cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an yang bisa Anda lakukan. Sehingga anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Memang dalam menghafal Al-Qur’an perlu kesungguh-sungguhan dan tekad yang kuat. Namun, tentu saja hal tersebut akan sebanding dengan pahala yang akan diperoleh kelak di yaumul Qiyamah.

Menghafal Al-Qur’an ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecerdasan. Termasuk juga dalam meningkatkan IQ dan dapat membantu meningkatkan daya ingat. Manfaat secara psikologis juga bisa Anda dapatkan dengan menghafal Al-Qur’an yaitu berupa ketenangan dan stabilitas kejiwaan akan terjamin.

Dengan begitu banyaknya manfaat serta keutamaan di dunia maupun akhirat Anda pastinya akan tergugah untuk segera melakukan hafalan Al-Qur’an.

Langsung saja berikut akan dibahas mengenai cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an:

Niat semata-mata karena Allah

Niat adalah hal dasar yang paling penting dalam melakukan suatu ibadah. Sebab, segala perbuatan adalah tergantung pada niatnya. Sebaik apapun ibadah yang seseorang lakukan namun dengan niat yang kurang tepat (bukan karena Allah) maka ibadahnya tidak akan bernilai sama sekali di mata Allah.

Dalam menghafal Al-Qur’an, Anda harus benar-benar meniatkan hati untuk mendapatkan ridha dari Allah, tidak ada yang lain. Jangan sampai terbesit dalam hati untuk mendapatkan sanjungan atau sekedar mendapatkan anggapan dari orang lain bahwa Anda adalah seorang penghafal Al-Qur’an.

Jika niat Anda lurus maka Anda akan mendapatkan kemudahan dari Allah untuk menghafalkan Al-Qur’an. Selain itu dengan niat untuk mendapatkan ridha Allah, segala macam kesulitan akan mampu Anda halau. Itulah hal yang paling dasar harus Anda lakukan dalam cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an.

Mencintai Al-Qur’an dengan mengetahui fadhilah-fadhilahnya

Jika Anda tidak mengetahui keutamaan Al-Qur’an maka setiap proses menghafal akan terasa hambar. Dengan mengetahui keutamaan dari Al-Qur’an yang luar biasa besarnya maka akan menumbuhkan cinta dalam hati sehingga tekad dan semangat akan semakin kuat dalam menghafal Al-Qur’an.

Maka, dengan hal tersebut, cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an akan Anda dapatkan.

Menargetkan waktu serta diiringi amalan lain

Dalam menghafal Al-Qur’an, Anda harus memberi target pada diri sendiri terkait waktu untuk menghafal. Sebagai contoh Anda menargetkan satu juz dalam satu bulan. Dengan begitu maka Anda akan semakin terpacu untuk cepat menghafal.

Selain itu Anda perlu untuk melakukan amalan-amalan seperti berpuasa, wirid, sedekah, shalat malam, dan sebagainya agar kegiatan Anda menghafal AL-Qur’an akan semakin dimudahkan oleh Allah SWT.

Melakukan langkah konkrit menghafal Al-Qur’an

Cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an yang selanjutnya adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

Jangan mengganti mushaf selama melakukan hafalan.

Hal ini cukup berpengaruh terhadap memori dalam otak. Sebab struktur yang berbeda akan membuat Anda lebih mudah lupa terhadap hafalan Al-Qur’an.

Mengulang 20 kali dalam satu ayat.

Pengulangan bacaan akan membuat memori Anda lebih mudah merekam bacaan tersebut.

Pengulangn 20 kali dimaksudkan agar hafalan Anda lebih kuat tersimpan di dalam otak.

Lakukan pengulangan bacaan terus menerus.

Kunci dalam menghafalkan Al-Qur’an adalah dengan terus menerus melakukan pengulangan bacaan.

Jika Anda telah hafal 5 ayat dari pengulangan bacaan yang pertama maka Anda harus mengulang lagi bacaan dari ayat satu sampai lima secara keseluruhan sebanyak 20 kali. Lakukan hal tersebut terus menerus sampai Anda hafal satu surat.

Memperdengarkan hafalan Al-Qur’an

Untuk menghindari kesalahan bacaan Al-Qur’an ketika menghafalnya maka Anda perlu memperdengarkan bacaan Al-Qur’an Anda kepada orang lain. Terutama kepada guru ataupun orang yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz.

Menghafal Al-Qur’an setelah subuh.

Pada pagi hari, otak Anda akan lebih fresh sebab baru saja melakukan istirahat. Badan yang letih pun telah berganti dengan stamina yang baru.

Ibarat baterai Hand Phone yang full charge sehingga Anda akan lebih mudah menerima hafalan Al-Qur’an Anda. Selain itu, waktu fajar menjadi waktu yang penuh dengan berkah.

Rasulullah SAW berdoa untuk umatnya yang mengerjakan setiap sesuatu pada waktu subuh. “ Ya Allah limpahkanlah berkah untuk umatku pada waktu paginya.” Jadi, cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an adalah dengan melakukannya di pagi hari setelah subuh.

Dalam shalat bacalah yang menjadi hafalan Anda

Salah satu sunnah dalam melakukan sholat adalah membaca surat atau ayat dalam Al-Qur’an. Untuk memperlancar hafalan, maka sebaiknya Anda membaca ayat Al-Qur’an yang telah Anda hafal dalam setiap sholat Anda.

Dengan begitu paling tidak dalam sehari Anda sudah melakukan pengulangan hafalan selama lima kali. Hal tersebut tentu saja menjadi cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an bagi Anda.

Mengulang bacaan atau muroja’ah.

Anda harus mengulang hafalan yang telah berlalu dengan melakukan metode muroja’ah yang paling sesuai bagi Anda. Ada beberapa metode muroja’ah yang bisa Anda lakukan.

Diantaranya muroja’ah manzil, mandiri secara berpasang-pasangan, tanya jawab, muroja’ah sabqi, dan sebagainya. dengan muroja’ah maka hafalan yang telah Anda lakukan akan semakin kuat dan tidak mudah terlupa.

Mengatur waktu

Cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an adalah dengan mengatur dan membagi waktu dengan tepat. Anda harus pandai-pandai dalam hal ini. Sebab, menghafal Al-Qur’an membutuhkan waktu tertentu dan harus dilakukan secara kontinyu.

Jika tidak, maka otomatis hafalan Anda akan hilang dengan sendirinya. Karena hafalan Al-Qur’an lebih mudah lepas dibandingkan unta yang terikat.

Ada hal yang harus Anda kurangi jatahnya jika menghafal Al-Qur’an, yaitu makan, berbicara, serta tidur. Sehingga waktu Anda untuk menghafal Al-Qur’an lebih banyak.

Perbanyak berdo’a.

Sifat manusia hanya bisa ikhtiar atau berusaha, sedangkan ketentuan hanyalah milik Allah SWT. Untuk itu, selain selalu berusaha untuk melakukan hafalan Al-Qur’an, Anda juga harus berdo’a memohon kemudahan dalam menghafal kepada Allah.

Dengan berdo’a, Anda juga akan mendapatkan berkah atas hafalan yang Anda lakukan. Anda tidak akan mampu menghafalkan ayat-ayat dalam Al-Qur’an jika tidak melalui izin Allah dan mendapatkan taufiq dari-Nya.

Untuk itu, cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an yang terakhir adalah dengan berdo’a memohon kemudahan kepada-Nya.

Itulah sepuluh cara mudah dan cepat menghafal Al-Qur’an yang bisa Anda praktikkan di pesantren maupun di rumah. Semoga dengan membaca artikel ini Anda semakin mudah dalam menghafal ayat-ayat Al-qur’an sehingga bisa menjadi syafa’at kelak di hari pembalasan. Amiin

selain cara diatas bisa juga dengan rajin mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran dari Speaker Qur’an untuk mudah menghafal