10 Ciri-Ciri Orang Hamil Kosong yang Wajib Diwaspadai Sejak Awal

Apakah Anda pernah mendengar hamil kosong? Mungkin sudah pernah ya, sebab kebanyakan orang mengira bahwa hamil kosong itu sama dengan hamil anggur.

Padahal keduanya merupakan dua hal yang berbeda. Hamil kosong biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan karena adanya proses pembuahan antara sel sperma dengan sel telur.

Meskipun terjadi pembuahan, namun pada kenyataannya embrio di dalam rahim tidak pernah mengalami perkembangan atau tidak terbentuk.

Ada beberapa hal yang menyebabkan orang hamil kosong, seperti kualitas dari sel sperma maupun sel telur buruk, faktor genetik suami atau istri dan tubuh mengenali kromosom yang tidak normal.

 Awal kehamilan kosong ini akan terasa begitu nyata karena Anda akan mengalami ciri-ciri orang hamil pada umumnya. Kira-kira apa saja ya ciri-ciri tersebut, berikut beberapa penjelasan singkatnya.

Terlambat Menstruasi

Di tahap awal kehamilan kosong Anda akan merasakan masalah yang sama dengan ibu hamil biasanya yaitu terlambat datang bulan atau menstruasi. Hal ini sangatlah wajar, sebab sel telur ketika hamil kosong mengalami pembuahan dari sel sperma.

Tahap ini akan membuat Anda merasakan seperti hamil yang sesungguhnya hanya saja janin dan embrio dalam rahim tidak pernah terbentuk.

Tes Urine Menyatakan Positif

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menguji kehamilan seseorang. Salah satunya adalah dengan mengukur tingkat HCG yang ada pada tes urine. Dalam tahap ini memang sel sperma sudah menempel pada dinding rahim dan mulai menunjukkan bahwasanya Anda sudah siap kedatangan sosok baru dalam keluarga.

Meskipun sudah Anda menemukan ciri-ciri orang hamil pada tahap awal, belum tentu tes tersebut akan memberikan hasil yang akurat. Sebab, pada usia ini kadar HCG dalam darah dan urine sedang tinggi. Jadi ketika dilakukan tes pun akan memberikan hasil positif walaupun tidak ada pertumbuhan janin di dalamnya.

Perut Terasa Kembung

Ciri-ciri orang hamil kosong yang selanjutnya adalah perut terasa kembung dan kurang nyaman. Dalam kasus ini perut yang kembung menunjukkan bukti bahwasanya rahim sudah siap untuk menyambut kehadiran embrio dari proses pembuahan sel telur.

Kebanyakan orang percaya jika gejala ini adalah ciri nyata dari hamil karena pembentukan kantong sudah mulai menekan bagian saluran kencing.

Pada tahap ini biasanya Anda akan mengalami beberapa hal seperti malas makan dan begah karena gas tersangkut di dalam perut. Bahkan tak jarang gejala yang sama ini akan membuat Anda malas untuk bergerak apalagi beraktivitas.

Sakit Pada Dada

Sedikit berbeda dengan orang hamil kebanyakan, kehamilan kosong umumnya akan membuat dada terasa begitu sesak dan sakit. Namun kebanyakan ibu hamil justru salah mengartikan, dan menganggapnya sebagai akibat karena lelah beraktivitas.

Rasa sakit pada dada sebenarnya terjadi karena kadar oksigen menurun akibat adanya reaksi proses pembuahan sel sperma dengan sel telur yang gagal berkembang menjadi embrio.

Ciri-ciri orang hamil ini sangat sulit diartikan apakah seseorang benar-benar sedang hamil kosong atau tidak karena terjadi begitu saja secara alami.

Morning Sickness

Anda yang mengalami hamil kosong pasti juga akan mengalami gejala atau ciri-ciri orang hamil seperti pada umumnya. Rasa mual dan ingin muntah di pagi hari ini dikenal dengan gejala morning sickness.

Penyebab morning sickness sendiri disebabkan karena adanya kenaikan pada progesteron yang cukup tinggi di dalam tubuh.

Sama seperti orang hamil lainnya, Anda juga akan mengalami morning sickness hingga embrio dalam rahim tidak terbentuk dan tidak berkembang secara sempurna. Pada fase ini Anda mungkin masih dalam tahap gembira menyambut kedatangan seorang bayi dan sulit mengartikan hamil kosong.

Sakit Kepala

Seperti yang dijelaskan sejak awal kadar HGC dalam darah dan urine akan meningkat pada tahap awal kehamilan. Nah, hal ini ternyata bisa menjadi penyebab sakit kepala dan ciri-ciri orang hamil kosong.

Gejala sakit kepala akan dianggap wajar oleh sebagian besar orang sebab ibu hamil pasti akan mengalami hal yang sama hingga usia kandungan masuk pada trimester ketiga.

Terasa Ada Janin di Dalam Perut

Sebagai ibu hamil, Anda pun akan memiliki insting yang cukup kuat bahwa ada sosok bayi di dalam kandungan. Apalagi jika insting tersebut sudah ditandai dengan beberapa gejala secara nyata.

Padahal belum tentu embrio dalam rahim masih berkembang atau tidak. Tahap ini akan membuat Anda cukup kesulitan untuk membedakan ciri-ciri orang hamil kosong atau tidak.

Adanya Kantong Ketuban

Meskipun kehamilan Anda saat ini mungkin kosong, beberapa gejala dan ciri-ciri orang hamil akan tetap terasa. Bahkan ketika Anda memeriksakan kandungan ke dokter untuk dilakukan tindakan USG,

Keberadaan ketuban bisa terlihat karena sudah terbentuk meskipun tidak mengalami perkembangan.

Nah, untuk membuktikan apakah Anda sedang hamil kosong atau tidak sebaiknya periksakan kandungan ke dokter dan lakukan pemeriksaan USG ketika kehamilan sudah berusia lebih dari 7 bulan.

Pada usia tersebut ketuban sudah terbentuk secara sempurna, bahkan juga bisa dilihat apakah di dalamnya ada embrio atau tidak.

Kram Pada Perut Bagian Bawah

Kram perut di bagian bawah ini akan Anda rasakan ketika kehamilan sudah mulai memasuki trimester ketiga. Penyebab kram perut sendiri adalah penebalan dinding rahim sebagai tanda bahwasanya tubuh sudah siap menyambut kehadiran dari embrio baru.

Ciri-ciri orang hamil kosong pada tahap yang ke sembilan ini tidak bisa terlihat begitu jelas. Sebab sama halnya dengan orang hamil lainnya, sel sperma dari pasangan akan menempel pada dinding rahim dan sering menyebabkan rasa nyeri atau kram pada perut pada bagian bawah.

Anda pun wajib hati-hati jika sudah mengalami kram perut karena hamil kosong akan dibarengi dengan beberapa gejala lainnya seperti keluarganya bercak coklat atau hitam dari vagina.

Pendarahan Parah

Ciri-ciri orang hamil kosong yang terakhir ini akan Anda rasakan ketika sudah merasakan kram perut dan disertai dengan keluarnya bercak merah atau bercak coklat dari vagina.

Kebanyakan wanita kesulitan mengetahui kapan pendarahan akan terjadi bahkan mereka justru menganggap gejala ini sebagai tanda dari menstruasi atau datang bulan.

Hal yang wajar sih memang wanita kadang telat untuk datang bulan bahkan banyak yang tidak sadar bahwa tanda ini adalah ciri dari hamil kosong.

Keluarnya darah dengan jumlah yang banyak dari vagina bisa dikarenakan rahim telah mengalami keguguran. Jika Anda mengalaminya maka segera periksa ke dokter untuk memperoleh hasil yang lebih jelas dan penanganan lebih lanjut.

Di atas tadi adalah beberapa ciri-ciri orang hamil kosong yang wajib untuk diwaspadai. Meskipun akan sedikit melakukan perasaan Anda sebagai calon orang tua,

Anda tetap perlu memperhatikan beberapa hal di atas dan rajin memeriksakan kandungan ke dokter. Sebab jika diabaikan begitu saja, bisa jadi nantinya akan menjadi potensi risiko kesehatan lainnya untuk ibu ataupun janin.