9 Ciri Istri Solehah Untuk Pertimbangan Mencari Pendamping Hidup

Memiliki istri yang solehah tentu menjadi dambaan bagi setiap pria muslim. Hal ini sangat berdasar dan beralasan karena istri yang solehah dekat dengan agama dan bisa dipastikan dapat menghargai suami dengan baik.

Cukup banyak pria yang mencari tahu terkait ciri istri solehah menurut agama Islam, terutama sebagai pertimbangan ketika mereka hendak mencari pendamping hidup.

Islam memang memiliki standar tersendiri untuk ukuran kesalehan calon istri. Standar tersebut tentu disandarkan pada ajaran Islam dan firman Allah Subhanahu Wata’ala yang agung.

Lantas, apa saja ciri istri solehah menurut ajaran Islam yang bisa dijadikan pertimbangan bagi pria muslim untuk mencari pendamping hidup? Simak beberapa ulasannya di bawah ini.

Wanita yang Beriman dan Bertakwa

Salah satu ciri dari istri yang solehah adalah dia merupakan wanita yang beriman serta bertakwa. Keimanan dan ketakwaan adalah hal utama dalam Islam yang harus menjadi standar bagi pria muslim untuk mencari pendamping hidup. Lantas, apa yang disebut dengan beriman serta bertakwa dalam konsep ini?

Beriman berarti wanita tersebut percaya dan yakin kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan yakin akan kebesaran Allah. Tidak hanya meyakini saja, salah satu ciri istri yang solehah adalah ia berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan perintah Allah serta menjauhi larangan yang telah ditetapkan sesuai dengan ajaran Islam.

Tidak Mengakhirkan Shalat

Shalat adalah hal utama dalam Islam. Dalam berbagai keterangan dijelaskan bahwa shalat adalah tiang agama. Tanpa salat, agama akan rusak dan salat adalah hal pertama yang akan dihitung di akhirat nanti. Nah, oleh karena itu, Islam menetapkan ciri istri solehah yang kedua adalah dia merupakan wanita yang tidak shalat di akhir waktu.

Memang, salat memiliki batasan waktu pelaksanaan dan tetap sah meskipun mepet waktu shalat berikutnya. Namun, adab yang paling baik adalah salat di awal waktu.

Wanita yang senantiasa melaksanakan salat di awal waktu adalah wanita yang super. Artinya, hatinya senantiasa tergugah dan segera ingat pada kewajibannya saat adzan berkumandang.

kuatkan hafalan anda dengan produk speaker al-qur’an

Menutup Aurat

Aurat adalah hal yang paling penting bagi seorang wanita. Ya, salah satu kewajiban yang telah ditetapkan dalam ajaran Islam terkait wanita adalah menutup aurat.

Artinya, setiap muslimah wajib menutup aurat meskipun dirinya belum baik atau belum paham agama. Statement ini adalah jawaban dari beberapa muslimah yang berkata ingin menata hati dulu baru menutup aurat.

Salah satu ciri istri solehah tentu saja dia adalah muslimah yang senantiasa menutup aurat. Aurat muslimah yang sudah jamak diketahui adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Entah bagaimana ia menutupi aurat, hal tersebut tak jadi masalah. Hanya saja, Islam melarang wanita memakai pakaian yang ketat dan membentuk tubuh.

Rajin Melaksanakan Ibadah Sunnah

Salah satu ciri istri solehah yang juga penting untuk diperhatikan, terutama untuk pertimbangan mencari pendamping hidup adalah dia yang rajin melaksanakan ibadah sunnah. Dalam ajaran Islam, terdapat banyak ibadah sunah yang bisa dilakukan, misalnya puasa sunah Senin dan Kamis, puasa Daud, Shalat Duha, Shalat Tahajud dan lainnya.

Ibadah-ibadah sunah yang dilakukan adalah penyempurna dari ibadah wajib yang sudah dilakukan. Tentu, wanita yang terbiasa menjalankan ibadah sunnah adalah dia yang memiliki keimanan yang lebih baik.

Oleh karena itu, tentu saja tingkat kesalehan wanita tersebut akan lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah atau jarang melakukan ibadah sunnah.

Penuh Kesabaran

Ciri lain untuk istri solehah yang bisa dijadikan pertimbangan saat hendak mencari pendamping hidup adalah dia yang penuh kesabaran. Wanita solehah pasti memiliki kesabaran yang luar biasa. Ia akan sabar dan bisa menerima ketetapan Allah Subhanahu Wata’ala dengan sangat baik sebagaimana bukti keimanan sempurna yang dimiliki.

Tidak hanya itu, salah satu ciri istri solehah ini akan menunjukkan bahwa wanita solehah tidak akan banyak menuntut dan mengeluh atas apa yang ia rasakan.

Sebagai contoh, dalam dunia parenting Islami, wanita solehah tetap akan sabar dalam mendidik anak, meskipun, misalnya, anak tersebut cukup bandel dan tidak mudah diingatkan.

Menyejukkan Hati

Wanita solehah yang memiliki keimanan yang baik akan memiliki aura positif. Jika ia bersama dengan orang lain, maka ia bisa memberikan hal positif kepada seseorang tersebut dan surga seolah-olah terasa lebih dekat jika duduk dengannya. Ini adalah salah satu ciri istri solehah yang cukup penting untuk diperhatikan.

Islam senantiasa mengajarkan umat untuk senantiasa mengingat akhirat karena kehidupan akhirat adalah kehidupan abadi setelah dunia yang fana.

Nah, wanita solehah tersebut akan senantiasa mengingatkan pada akhirat. Selain itu, tutur katanya juga halus sehingga hati menjadi tenang dan bisa menambah pengetahuan ketika berdiskusi dengannya.

Bisa Mengatur Waktu Dengan Baik

Seorang istri yang solehah adalah seorang wanita yang pintar mengatur waktu. Ia tidak akan membuang waktu dengan percuma ketika menjalani kegiatan sehari-hari. Tentu, dalam setiap kesempatan, ia akan memanfaatkan waktu yang ia miliki sebaik mungkin. Jika pekerjaan rumah sudah selesai, maka ia akan melakukan hal lain yang bermanfaat.

Salah satu ciri istri solehah terkait waktu adalah wanita tersebut tidak membuang waktu untuk menonton infotainment atau acara gosip.

Namun, ia cenderung menghabiskan waktu untuk hal yang berguna, seperti membaca Al Qur’an, membaca buku, dan lainnya. Jika sudah punya anak, ia pasti akan menumpahkan waktu luang nya untuk memperhatikan perkembangan bayi

Bersahabat Dengan Al Quran

Ciri lain dari seorang istri yang solehah adalah dia yang bersahabat dengan Al Qur’an. Al Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang di dalamnya terkandung beragam pelajaran terkait kehidupan di dunia dan juga kehidupan di akhirat.

Dalam hal ini, istri yang solehah pasti akan menjadikan Al Qur’an sebagai rujukan dalam menjalankan kewajiban dalam kehidupan.

Nah, seorang wanita yang menjadikan Al Qur’an sebagai sahabat dan senantiasa membacanya setiap hari, maka ia adalah istri solehah yang wajib dicintai dan dijaga. Dengan berlandaskan pada Al Qur’an, tentu kehidupan yang dijalani akan senantiasa damai dan tenteram. Hal ini dikarenakan Al Qur’an mengandung berkah bagi siapa saja yang membacanya.

Memperhatikan Kesehatan Diri Dengan Baik

Seorang istri yang solehah adalah dia yang juga memperhatikan kesehatan diri dengan baik. Misalnya, ketika ia hamil, maka ia akan senantiasa memperhatikan ciri-ciri orang hamil sebagaimana umumnya.

Ini adalah ciri istri solehah yang peduli dengan kesehatan dirinya dan rezeki yang sudah diberikan Allah Subhanahu Wata’ala kepadanya berupa kehamilan.

Nah, demikian beberapa hal tentang ciri istri solehah menurut ajaran Islam. Beberapa ciri tersebut tentu bukan satu-satunya saja. Masih banyak ciri lain terkait istri solehah yang mungkin akan Anda temukan.

Namun, beberapa ciri di atas dapat menjadi pegangan terutama bagi Anda yang ingin mencari pasangan hidup demi kehidupan keluarga yang bahagia dan penuh berkah.