Ketahui 9 Hikmah Puasa Perspektif Syariat dan Kesehatan Ini

Puasa adalah ibadah wajib yang harus dijalankan semua umat muslim pada Bulan Ramadhan. Selain itu umat muslim juga dianjurkan untuk berpuasa di hari-hari tertentu atau yang dikenal dengan puasa sunnah. Siapa sangka selain sebagai ladang untuk menerima pahala, puasa ternyata cukup baik untuk kesehatan.

Beberapa ahli bahkan memberikan pendapatnya terkait dengan hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan. Dalam penelitian ilmiah hampir tidak bisa ditemukan efek buruk yang akan diterima ketika menjalankan ibadah puasa. Kira-kira apa saja hikmah puasa yang akan Anda dapatkan dari perspektif Islam dan kesehatan, berikut diantaranya:

Meningkatkan Ketakwaan

Hikmah puasa yang utama menurut perspektif atau pandangan Islam yang pertama adalah sebagai sarana untuk meningkatkan ketakwaan umat muslim. Misalkan saja begini, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, apalagi untuk orang yang melaksanakannya. Nah pada waktu yang sama pula Anda dan umat muslim lainnya akan saling berlomba untuk mendapatkan berkah dari Allah.

Secara tidak langsung hal ini menjadikan setiap orang yang melakukan ibadah puasa akan senantiasa meningkatkan ketakwaannya kepada Allah SWT. Hampir setiap waktu yang ada akan digunakan untuk kegiatan yang positif agar puasa tidak berakhir sia-sia.

Melatih Mengendalikan Nafsu

Hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya adalah mampu mengendalikan hawa dan nafsu. Pada saat melakukan ibadah puasa Anda diharuskan untuk menghindari beberapa hal yang bisa membatalkan puasa seperti makan, minum, gosip, emosi, berbohong dan lainnya.

Dari puasa Anda dengan otomatis akan terhindar dari kebiasaan yang kurang baik. Jika sebelumnya suka mengomentari kehidupan orang maka dengan puasa kebiasaan tersebut akan berkurang atau malah hilang.

Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial

Di hari-hari biasa mungkin Anda bisa lah makan satu hari tiga kali dengan menu yang bervariasi, belum lagi masih ditambah aneka macam camilan. Hal ini sangat jauh berbeda dengan Bulan Puasa, Anda diharuskan untuk menahan lapar dan juga harus selama seharian penuh.

Dari sini Anda bisa mengambil hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan bahwasanya tidak semua orang memiliki kehidupan ataupun keberuntungan yang sama. Masih banyak orang kelaparan di luaran sana. Puasa menjadi salah satu sarana pendidikan agar bisa mengingat derita yang dihadapi oleh sesama manusia dan Umat Muslim pada umumnya.

Anda akan mulai paham bahwa banyak orang yang rela menahan lapar dan haus karena tidak mampu untuk membeli makanan. Kadang kala juga rela berpuasa setiap hari agar terbiasa makan sehari satu kali di waktu buka. Berdasarkan kondisi yang seperti ini iman Anda akan tergugah dan lebih bersemangat untuk memberikan bantuan kepada sesama misalkan dengan membagikan makanan untuk buka atau saur.

Sedangkan jika dilihat dari kesehatan, puasa cukup baik untuk tubuh. Terutama untuk menghindarkan Anda pada kebiasaan mengonsumsi makanan kurang sehat seperti makanan cepat saji, berkolesterol tinggi dan lainnya.

Sarana untuk Mendapatkan Ampunan dari Allah

Seperti yang dikatakan pada point pertama Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh dengan berkah. Jadi pada kesempatan ini, orang akan saling berlomba untuk melakukan kebaikan. Bahkan juga akan menjalankan ibadah puasa penuh agar memperoleh ampunan dari Allah.

Hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan di sini adalah ibadah lainnya cenderung akan dilakukan. Misalnya ibadah shalat, jika dulunya masih sering bolong kali ini mungkin Anda akan lima waktu. Sebab, tumbuh kesadaran bahwasanya sudah puasa namun tidak shalat sama saja hanya mendapatkan lapar dan haus saja, tidak dengan pahala.

Detox Tubuh

Dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam sisa zat buangan dan racun. Sedangkan ketika menjalankan ibadah puasa Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi berbagai jenis makanan atau minuman selama seharian penuh. Pada waktu tersebut tubuh akan memanfaatkannya untuk mengubah cadangan lemak menjadi energi untuk beraktivitas.

Dalam tahap ini Anda juga akan merasakan hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan yaitu adanya proses pelepasan sisa dari zat buangan yang masih terikat pada lemak. Zat buangan atau racun tersebut akan dibuang tubuh melalui sistem ekskresi yaitu urine, keringat dan tinja.

Berat Badan Lebih Ideal

Ketika menjalankan ibadah puasa porsi dan juga intensitas makan cenderung berkurang. Bisa dikatakan Anda hanya bisa makan di waktu yang sangat pagi yaitu sahur dan ketika berbuka puasa saja. Tidak mungkin dalam dua waktu tersebut akan Anda gunakan untuk makan dalam jumlah yang banyak. Jadi secara tidak langsung puasa akan membantu Anda diet atau menurunkan berat badan dengan cara yang lebih sehat.

Pikiran Menjadi Lebih Tajam

Hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan yang lainnya adalah menjadikan pikiran lebih tajam dari pada sebelumnya. Ya, pada saat menjalankan ibadah puasa jumlah hormon korsitol yang ada di dalam tubuh akan menurun. Penurunan ini menjadikan Anda lebih mudah untuk menghadapi pikiran yang berat dan stress.

Dengan hati pikiran yang lebih tenang, Anda akan berpikir secara luas. Setiap detail bagian akan dipikirkan secara maksimal agar semua masalah yang sedang dihadapi bisa diselesaikan lebih maksimal dan produktif.

Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Meningkat

Tahukah Anda, pada saat menjalankan ibadah puasa tubuh akan memproduksi limfosit atau sel darah putih lebih banyak dibandingkan dengan hari-hari biasa. Bahkan jumlah sel darah putih ini bisa melonjak naik hingga sepuluh kali lipat. Sel darah putih memiliki fungsi mengikat sistem kekebalan tubuh dan membantu Anda untuk melawan kuman jahat serta infeksi lainnya.

Dokter Paling Murah

Hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan terakhir adalah sebagai dokter dan obat yang paling murah. Pasalnya ibadah puasa mengajarkan Anda untuk mengonsumsi makanan dengan takaran yang pas tidak berlebihan. Bahkan Rosul juga menyarankan umatnya untuk mengonsumsi makan dan minum dengan menu yang seimbang pada saat berbuka puasa.

Islam mengajarkan untuk mengawali buka dengan minuman atau makanan yang manis-manis. Menurut kesehatan hal ini sangat baik untuk tubuh, sebab kandungan gula pada makanan akan membuat orang yang berbuka puasa cenderung merasa lebih kenyang. Zat gula lebih mudah dicerna sehingga, bisa dikirim ke darah lebih cepat untuk dijadikan energi beraktivitas sehari-hari.

Hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan ini sangat terlihat berbeda ketika Anda berbuka langsung mengonsumsi makanan berat seperti daging dan juga roti. Secara tidak langsung tubuh perlu waktu yang lama agar bisa mencerna dan menyerap sarinya sehingga lebih lama merasakan kenyang.

Jika Anda berbuka puasa dengan cara yang kedua maka akan cenderung merasa lapar terus di awal padahal jumlah konsumsi makanan sudah sangat banyak. Pada akhirnya Anda tidak akan memperoleh hikmah dari ibadah puasa. Dan cara makan yang kedua bukanlah tujuan Allah mensyariatkan umatnya dalam berpuasa.

Bagaimana, cukup banyak bukan hikmah puasa perspektif syariat dan kesehatan? Kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Sebab untuk beberapa orang yang sakit saja puasa juga dianjurkan untuk kesehatan. Jika Anda masih ragu untuk melakukan puasa sebaiknya datangi dokter dan tanyakan apakah kondisi tubuh bisa menjalankan puasa atau tidak. Selamat berpuasa.