Keutamaan Bulan Ramadhan Bagi Seorang Muslim

Bulan Ramadhan, tentu seluruh umat manusia sudah akrab benar dengan bulan yang suci ini. Mengapa disebut suci? Karena memang pada bulan ini Umat Islam mendapatkan banyak sekali kemudahan dan kebaikan, terutama untuk beribadah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Banyak keberkahan yang Allah berikan pada bulan ini, sehingga Bulan Ramadhan dikatakan berbeda dengan bulan-bulan yang lainya. Semua umat Muslim akan saling berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dari Allah.

Bulan Ramadhan disebut juga dengan Bulan Seribu Bulan, dan merupakan bulan ke-sembilan pada Penanggalan Hijriah. Dimana banyak sekali keutamaan

Bulan Ramadhan yang dapat dirasakan manfaatnya. Manfaat yang diperoleh pun tidak hanya manfaat batin saja karena beribadah, namun manfaat lahir sepertinya diberinya kesehatan juga dapat Anda dapatkan pada Bulan Ramadhan ini.

Selain Bulan Seribu Bulan, Bulan Ramadhan sering disebut juga dengan Bulan Puasa, dimana seluruh umat muslim akan melaksanakan puasa yang dimulai dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Dalam menentukan Bulan Ramadhan ini didasarkan pada revolusi bulan mengelilingi bumi. Yaitu dengan melihat hilal. Untuk melihat hilal bisa dilakukan secara langsung dengan mata telanjang maupun dengan perhitungan astronomi. Dimana penentuan hilal ini juga menandakan awal dimulainya puasa Ramadhan.

Pada zaman Nabi Muhammad, Bulan Ramadhan tidak dilakukan begitu saja, namun diriwayatkan bahwa sebelum nabi Muhammad melaksanakan puasa Ramadhan Nabi telah melaksanakan puasa ‘Asyura dan telah berpuasa selama tiga hari setiap bulannya.

Puasa Ramadhan ini mulai ditetapkan sejak Nabi Muhammad hijrah ke Madinah dengan ditetapkannya Sholat Ied, zakat dan kurban pada tahun ke 2 Hijriah atau 624 Masehi.

Sebagai umat muslim, diwajibkan tahu apa saja keutamaan Bulan Ramadhan, agar ibadah yang dilaksanakan tidak menjadi ibadah yang asal-asalan saja. Berikut ini ada beberapa keutamaan Bulan Ramadhan yang akan menjadi pengetahuan dan semangat bagi Anda untuk lebih giat dalam mendapatkan berkah dari Allah.

Puasa Ramadhan Mendatangkan Kebahagiaan

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa pada Bulan Ramadhan akan dilaksanakan puasa. Puasa Ramadhan ternyata mampu mendatangkan kebahagiaan untuk Anda.

Di dalam berpuasa, tiap manusia tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari, selain menahan untuk makan dan minum, bagi yang berpuasa harus bisa menahan hawa nafsu mereka, seperti marah, berbicara kotor dan bersetubuh dengan istri/suami pada siang hari.

Telah diriwayatkan : “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia meninggalkan syahwat dan makanan karena Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk” (HR Bukhori).

Berpuasa selain mendapat pahala, menurut ilmu kesehatan dapat meningkatkan kesehatan bagi yang melaksanakannya. Setelah berbulan-bulan Anda mengkonsumsi makanan, ternyata dengan berpuasa dapat menetralkan tubuh anda dari banyak kandungan yang terdapat pada makanan. Untuk itu berpuasa sangat diwajibkan bagi umat muslim karena seperti itulah manfaatnya.

Ditutupnya Pintu Neraka

Pintu neraka akan ditutup dan dibukanya pintu surga, karena pada Bulan Ramadhan ada banyaknya amal sholeh dan ibadah yang dilakukan oleh umat muslim, serta sedikitnya maksiat yang dilakukan. Setan akan diikat tidak dibiarkan lepas seperti bulan-bulan lainnya.

Sudah dijelaskan keutamaan Bulan Ramadhan ini seperti sabda Rasulullah : “Jika telah datang Bulan Ramadhan, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu”

Bulan Diturunkannya Al Qur’an

Al Qur’an pertama kali diturunkan pada Bulan Ramadhan, pada QS. Al Baqarah ayat 185 Allah memuji Bulan Ramadhan dari bulan lainnya, sehingga diturunkannya Al Qur’an adalah untuk menerangkan ayat-ayatnya supaya umat manusia bertaqwa.

Untuk itu Bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang spesial untuk mengawali umat manusia berlomba-lomba dalam kebaikan dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Amal Sholeh yang Berlipat Ganda

Hadist riwayat Bukhori menjelaskan “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat,..”

Itulah kenapa salah satu keutamaan Bulan Ramadhan adalah amal sholeh manusia akan berlipat ganda, amal sholeh yang dilakukan di Bulan Ramadhan bernilai tujuh puluh kali lipat dari di bulan lainnya. Maka perbanyaklah melakukan ibadah didalam Bulan Ramadhan untuk mendapatkan berkah yang melimpah.

Malam Lailatul Qodar

Malam Lailatul Qodar atau malam kemuliaan. Malam ini terdapat pada satu dari sepuluh hari terakhir Bulan Ramadhan. Dan merupakan malam yang baik untuk diisi oleh doa-doa yang baik pula serta adanya mukjizat turun pada malam ini. Sehingga malam Lailatul Qodar sangat dinanti-nantinya oleh setiap umat muslim.

Diampuninya Dosa dan Dikabulkannya Doa

Ibadah yang dilakukan seperti puasa, zakat, sholat yang dilakukan dengan sempurna akan menjadikan manusia seperti bayi yang baru lahir, yaitu suci. Dan Allah juga telah berfirman bahwa doa yang dipanjatkan pasti akan dikabulkan.

Zakat Fitrah yang Menguntungkan

Zakat fitrah berarti memberikan sebagian harta kepada orang lain dengan tujuan membersihkan harta yang sudah diperoleh. Selain itu juga berfungsi sebagai pembersih hati dari keterikatan dunia.

Zakat fitrah dibayarkan mulai terbenamnya matahari 1 Syawal hingga Sholat Ied. Jadi pada prinsipnya bahwa zakat fitrah dilakukan sebelum sholat idul fitri dilangsungkan. Bagi orang yang membayar zakat fitrah setelah sholat Idul Fitri berarti tidak dikatakan zakat fitrah namun seperti sodaqoh biasa.

Hukum dari zakat fitrah yaitu wajib bagi orang yang mampu, seperti hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim dari Abi Sa’id “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah dari ramadan atas manusia, satu sha’ dari kurma atau gandum, atas setiap orang merdeka, hamba sahaya, laki-laki atau perempuan dari orang-orang Islam”.

Manfaat zakat fitri adalah menolong orang yang kesusahan, memberi kebahagiaan kepada orang-orang fakir miskin di Idul Fitri, sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan, dan juga dapat tercipta hubungan yang harmonis antara orang kaya dan orang miskin.

Terjalin Silaturahmi yang Baik Melalui Sholat Tarawih

Salah satu ibadah yang dilakukan di Bulan Ramadhan adalah Sholat Tarawih. Sholat ini tidak dilakukan di bulan-bulan yang lain, karena Sholat Tarawih hanya dilakukan di Bulan Ramadhan, untuk itu kebanyakan masyarakat akan melakukan sholat berjamaah di masjid atau mushola.

Hal itulah yang dapat dijadikan alasan terjalinnya silaturahmi yang baik dengan tetangga, maupun saudara. Karena ketika bertemu di masjid secara tidak langsung orang akan menyapa atau sekedar bercakap kecil sebelum atau setelah sholat.

Setelah mengetahui banyaknya keutamaan Bulan Ramadhan seperti di atas, semoga memberi manfaat untuk Anda agar lebih memaksimalkan ibadah agar mendapatkan banyak pahala pada saat Bulan Ramadhan, dan juga timbul kebahagiaan lahir yang bisa Anda rasakan ketika lebaran dengan saling memberikan ucapan Idul Fitri, serta menikmati kemenangan bersama.