9 MPASI yang Cocok untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Perkembangan Bayi

Setiap orang tua pasti ingin anaknya selalu tubuh sehat dan cerdas. Kecerdasan otak sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti unsur genetik dan asupan makanan sehari-hari. Nah, pada usia 6 bulan ke atas, Anda bisa memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI agar asupan makanannya selalu terjaga. Sebab pada usia ini sistem pencernaan dan perkembangan bayi sudah mulai sempurna.

Meskipun sistem pencernaan sudah sempurna, MPASI untuk bayi tidak boleh diberikan dengan asal-asalan ya. Anda perlu memperhatikan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan MPASI bernutrisi yang bisa merangsang kecerdasan otak buah hati.

Yogurt

Banyak dokter spesialis anak atau DSA menganjurkan pertumbuhan dan perkembangan bayi harus didukung dengan pengenalan MPASI secara bertahap. Nah sebagai tahap yang pertama maka Anda bisa memberikan makanan dengan tekstur yang lunak seperti bubur yang ditambahkan dengan susu fermentasi atau Yogurt.

Yogurt memiliki banyak sekali kandungan nutrisi gizi seperti kalsium, protein dan lemak sehat. Beberapa kandungan nutrisi yang ada bisa membantu pertumbuhan sel-sel otak. Selain itu, yogurt juga bisa digunakan sebagai probiotik untuk membangun microbiome bayi agar semakin kuat.

Tekstur yogurt yang lembut memang cocok untuk perkembangan bayi usia 6 bulan ke atas, namun Anda pun perlu memberikannya secara bertahap. Misalkan pada awalan berikan satu kali dalam sehari. Ketika usia anak mulai bertambah Anda pun bisa memberikan yogurt dua kali sehari.

haibunda,com

Bubur Pepaya

Buah pepaya adalah salah satu buah yang paling baik untuk MPASI sebab kaya akan zat enzim papain. Enzim papain memiliki fungsi memperlancar proses pencernaan dalam perut buah hati. Selain enzim papain, buah pepaya juga kaya akan asam folat dan zat besi yang sangat baik untuk mendukung perkembangan otak bayi.

Bahkan kesehatan tulang bayi juga akan selalu terjaga dengan buah pepaya karena suplai nutrisi berupa zinc dan kalsium selalu terpenuhi. Bagaimana, cukup komplit bukan? Anda bisa memberikan semua nutrisi yang ada pada buah pepaya untuk perkembangan bayi dengan membuatnya menjadi bubur.

Bubur Alpukat

Apakah Anda sudah pernah memberikan buah alpukat untuk si kecil sebagai MPASI? Jika belum tidak ada salahnya mulai mengenalkan buah alpukat sebagai makanan penunjang ASI. Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang bisa membantu perkembangan kecerdasan otak bayi seperti mineral, lemak vitamin A dan vitamin C.

Lemak dalam buah alpukat adalah lemak sehat yang memang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Selain itu lemak alpukat juga berkontribusi cukup besar dalam perkembangan sel otak. Anda pun akan semakin diuntungkan dengan tekstur buah alpukat yang lembut, sebab bayi mudah untuk melahapnya.

Keju

Keju pada dasarnya memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh baik itu bayi ataupun orang dewasa sekalipun. Salah satu manfaat tersebut adalah membantu perkembangan serabut dari sel yang ada pada saraf dan otak. Kok bisa? Bisa, sebab keju mempunyai kandungan asam lemak, linolenat dan linoleate.

Anda bisa memberikan keju yang lunak dan berukuran kecil kepada buah hati ketika dia sudah siap menerima berbagai macam bentuk makanan dan rasa. Namun, akan jauh lebih aman jika Anda memberikan keju dengan mencampurkannya pada buah atau sayuran yang dihaluskan.

Telur

Telur adalah bahan makanan yang murah meriah yang bisa Anda gunakan sebagai MPASI penunjang perkembangan bayi. Banyak orang tidak sadar dan sering mengabaikan telur, padahal ada banyak sekali nutrisi penting di dalamnya yang bagus untuk membantu perkembangan otak bayi. Terutama pada konsentrasi kolin dan DHA.

Bubur Pear dan Apel

Sama halnya dengan orang dewasa, si kecil juga akan bosan jika menu makan hariannya itu-itu saja. Oleh sebab itu, Anda pun bisa membuat variasi menu makan bayi dengan buah apel dan pear. Kedua buah ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi seperti air, asam amino dan mineral.

Sedikit berbeda dengan beberapa bahan MPASI di atas, Anda hanya bisa memberikan buah apel dan pear ketika bayi sudah berusia tujuh bulan ke atas. Sebab pada usia ini biasanya bayi sudah mulai mengenal rasa, dan salah satu cara yang bisa digunakan adalah memberikan buah apel dan pear untuk mengenalkan rasa manis secara alami.

Cara membuat MPASI dari buah pear dan apel sangat mudah. Pertama siapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Kukus kedua buah tersebut kemudian pisahkan antara bagian daging buah dengan bijinya. Tahap terakhir haluskan buah pear dan dengan blender hingga menjadi pure bayi tanpa tambahan gula.

haibunda.com

Nasi Tim Campur Ikan

Seiring dengan perkembangan bayi, tekstur asupan MPASI juga mulai meningkat. Setelah memberikan beberapa bubur baik itu dari susu, sayuran atau buah-buahan, kali ini Anda bisa meningkatkan MPASI bayi dengan nasi tim.

Namanya saja nasi berarti bahan dasar yang digunakan adalah nasi. Namun Anda juga bisa melengkapi nasi tim dengan aneka macam lauk seperti ikan atau makanan laut lainnya. Kecerdasan buah hati akan semakin meningkat dengan ikan dan makanan laut karena mengandung beberapa zat seperti DHA, asam folat, lemak, protein dan mineral yang cukup tinggi.

Sebagai awalan Anda bisa memberikan nasi tim satu kali sehari. Ketika bayi sudah memasuki usia 7 bulan, mulailah untuk mengubah pola makan dengan nasi tim dua kali dalam sehari. Cara membuat nasi tim ikan juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan nasi dan lauk yang sudah direbus kemudian blender hingga halus.

Bubur Sayuran Hijau

Selain beberapa bahan di atas, Anda juga bisa menggunakan aneka sayuran hijau sebagai MPASI. Sayuran hijau memiliki banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk perkembangan bayi. Beberapa kandungan tersebut adalah antioksidan, vitamin, dan mineral.

Kandungan antioksidan sangat dibutuhkan bayi untuk menjaga kesehatannya dari beberapa pengaruh polusi udara ataupun radikal bebas yang sering ditemukan ketika bayi bermain di luar.

Jenis sayuran hijau yang bagus untuk kecerdasan bayi diantaranya adalah bayam, brokoli dan kubis. Sebab, sayuran tersebut kaya akan serat alami yang cukup bagus untuk mengontrol usus bayi supaya bisa beradaptasi dengan baik pada beberapa makanan lainnya.

Cara membuat bubur sayuran hijau juga cukup mudah kok, pertama siapkan sayuran sudah direbus kemudian haluskan memakai blender. Agar semangat dan nafsu makan dari bayi semakin bertambah, Anda pun bisa menambahkan saus wortel yang direbus kemudian dihaluskan.

Lentil

Apakah Anda sudah tahu apa itu lentil? Ya, lentil adalah salah satu kacang dengan tekstur lunak. Sedikit berbeda dengan kacang-kacangan pada umumnya, lentil bisa langsung diolah tanpa proses rendam ataupun masak. Jadi sangat praktis dalam membuat MPASI perkembangan bayi dari lentil.

Anda bisa menambahkan lentil ke dalam sup bayi setelah dihaluskan. Ada banyak kandungan lentil yang bagus untuk tumbuh kembang otak bayi seperti serat, protein dan zat besi.

Bagaimana cukup banyak bukan MPASI untuk perkembangan bayi usia enam bulan ke atas? Selain kaya akan nutrisi, MPASI di atas juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan bagi anak. Ibaratkan satu dayung dua pulau terpenuhi, niat ingin memberikan asupan makanan untuk buah hati ternyata kecerdasannya juga ikut meningkat. Selamat mencoba!