Penyebab dan Dampak Pergaulan Bebas Bagi Setiap Individu dan Lingkungan Sekitarnya

Pergaulan bebas menjadi keresahan setiap orang tua akhir akhir ini. Lantaran derasnya arus informasi yang tak bisa dibendung dari segala arah. Karenanya sebagai seorang individu kita harus tahu apa saja penyebab dan juga dampak dari pergaulan bebas, supaya bisa mengambil keputusan tepat untuk melakukan pencegahannya. Berikut ulasan dibawah

Kecanggihan Zaman Menjadi Salah Satu Penyebab Maraknya Pergaulan Bebas

Zaman yang semakin canggih memang memberikan dampak yang cukup besar bagi kehidupan manusia. Memang, teknologi yang semakin modern membuat beberapa pekerjaan menjadi jauh lebih mudah dan praktis. Meski dampak positif yang didapatkan cukup besar, akan tetap dampak negatif yang didapatkan dari kecanggihan teknologi juga cukup besar.

Salah satu dampak negatif yang diakibatkan oleh internet ialah pergaulan bebas. Ya, dampak yang satu ini diakibatkan karena akses untuk masuk ke dalam internet sangatlah mudah. Bahkan, saat ini untuk bisa tersambung ke internet, Anda tidak harus pergi ke warnet atau warung internet. Cukup dengan menggunakan smartphone, Anda masuk ke dunia internet dengan mudah.

Tentu saja bukan hanya internet yang menjadi penyebab munculnya pergaulan bebas dikalangan remaja. Ada banyak sekali faktor seperti lingkungan, keluarga dan lain sebagainya. Memang banyak sekali penyebab dan dampak pergaulan bebas yang tidak hanya memberikan dampak yang buruk bagi pelaku, namun juga lingkungan sekitar.

selalu dekatkan anak dengan agama untuk bisa mem filter pergaulan bebas

Penyebab Maraknya Pergaulan Bebas

Seperti yang telah dijelaskan bahwa banyak faktor yang menyebabkan pergaulan bebas semakin marak. Bahkan, pergaulan bebas saat ini telah dijadikan sebagai gaya hidup bagi sebagian besar remaja. Tentu, ini bukan  menjadi hal yang lumrah mengingat pergaulan bebas selalu mengarah ke hal yang negatif.

Nah, kiranya apa saja penyebab dan dampak pergaulan bebas yang bisa ditimbulkan? Dan bagaimana dampaknya bagi kehidupan, terutama bagi si pelaku? Apakah dampaknya juga berimbas ke lingkungan yang ada di sekitarnya?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai dampak yang akan ditimbulkan, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab dari pergaulan bebas itu sendiri.

Beberapa penyebab dari pergaulan bebas itu sendiri adalah:

  1. Taraf Pendidikan Keluarga yang Rendah Menjadi Salah Satu Penyebab Pergaulan Bebas

Taraf pendidikan yang rendah dalam suatu keluarga juga menjadi salah satu penyebab dari semakin banyaknya pergaulan bebas. Biasanya, hal ini karena orang tua mengizinkan anaknya pacaran tanpa pengawasan dari orang tua. Alhasil, mereka bisa melakukan apapun tanpa adanya batasan.

Jadi, pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja bukan hanya mereka yang sedang dalam masa pubertas. Namun, peran orang tua juga sangat penting untuk melindungi anak-anaknya.

Mirisnya, tidak sedikit orang tua zaman sekarang yang kurang memperhatikan perkembangan anaknya dengan baik, terlebih lagi pada saat mereka memasuki masa pubertas.

penyuluhan bahaya pergaulan bebas dan narkoba
  1. Konflik yang Terjadi Dalam Keluarga Memberikan Sumbangsih Dalam Pergaulan Bebas

Adanya konflik di dalam keluarga seperti orang tua yang selalu bertengkar, perceraian, KDRT dan sebagainya, membuat anak merasa tidak nyaman dan melampiaskannya dengan hal-hal yang negatif. Ya, ketidaknyamanan anak ketika berada di rumah membuat mereka lari ke hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Salah Dalam Memilih Pergaulan

Lingkungan sekitar juga memiliki pengaruh yang sangat besar. Nah, bagi orang tua tentu saja harus mengetahui lingkungan seperti apa yang ada di sekitar anak Anda. Tak hanya itu, mengenali beberapa teman di sekolahnya ataupun teman sepermainan juga sangat penting untuk mengantisipasi dampak dari pergaulan bebas itu sendiri.

Bagi para orang tua, melakukan proteksi sedini mungkin menjadi hal wajib untuk dilakukan agar pergaulan bebas tidak mudah masuk ke dalam kehidupan anak.

  1. Tingkat Ekonomi yang Rendah

Tingkat ekonomi masyarakat yang rendah tidak hanya berakibat pada kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Namun, juga memunculkan pergaulan bebas di kalangan masyarakat.

Anak yang putus sekolah karena keadaan ekonomi keluarga yang kurang mampu, biasanya lebih rentan dengan pergaulan bebas. Oleh sebab itu, penting bagi pemerintah untuk mencari cara mengatasi kemiskinan.

  1. Mudahnya Akses Internet

Seperti yang telah dijelaskan bahwa selain memiliki dampak positif yang besar bagi kehidupan, nyatanya internet juga memberikan dampak negatif. Mudahnya untuk masuk ke dalam internet ini membuat siapa saja dapat dengan mudah masuk ke berbagai macam situs.

Terlebih situs pornografi yang dapat dengan mudah diakses oleh anak dibawah umur. Hal ini tentu saja menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah dan orang tua untuk lebih protektif dalam mendidik anak.

Berbagai macam penyebab pergaulan bebas dikalangan anak muda di atas merupakan masalah sosial yang kerap terjadi di lingkungan masyarakat. Tentu saja, hal ini bukan hanya menjadi tanggung jawab setiap individu yang sudah terkena dampak dari pergaulan bebas, tanggung jawab orang tua dalam mendidik dan pemerintah juga sangat diperlukan.

Dampak Merugikan Dari Pergaulan Bebas

pelajar h*mil diluar nikah

Pastinya, dampak yang diakibatkan karena pergaulan bebas ini bisa merusak masa depan anak. terlebih lagi jika terjadi kehamilan di luar nikah. Tak ayal, jika angka pernikahan dini masih terbilang tinggi.

Tak hanya itu, penularan penyakit menular juga menjadi ancaman bagi generasi penerus bangsa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa dampak yang diakibatkan karena adanya pergaulan bebas.

  • Kehamilan di Luar NIkah

Sex bebas bisa menyebabkan kehamilan di luar nikah. Bisanya, kasus yang seperti ini dialami oleh para pelajar. Tak ayal, jika tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk melakukan aborsi yang memiliki dampak berbahaya bagi tubuh. Aborsi dapat mengakibatkan kesulitan untuk memiliki momongan setelah menikah nanti. Bahkan, kasus aborsi juga dapat mengakibatkan kematian.

Tak hanya kasus aborsi saja sebagai penyebab dan dampak pergaulan bebas, tidak sedikit dari mereka yang tega membuang bayinya ke tempat sampah ataupun membuangnya ke sungai. Tentu, hal tersebut terdengar sangat memilukan.

  • Putus Sekolah

Banyak anak yang putus sekolah sebagai akibat dari pergaulan bebas. Hal ini diakibatkan karena mereka lebih memikirkan ego yang tinggi ketimbang akan sehat dan realita yang akan terjadi. Hal inilah yang membuat tingkat pendidikan menjadi rendah dan angka kemiskinan pun menjadi meningkat.

  • Meningkatnya Kriminalitas

Meningkatnya angka kriminalitas juga didukung oleh beberapa faktor seperti kemiskinan, pendidikan yang rendah dan penggunaan obat-obatan terlarang seperti narkoba.

Seseorang yang sudah mengkonsumsi narkoba dan zat adiktif akan membuat mereka kehilangan akal sehingga sangat mudah untuk melakukan tindak kejahatan seperti mencuri, merampok, memperkosa bahkan hingga pembunuhan.

  • Menyebabkan Berbagai Penyakit Sosial

Dampak selanjutnya yaitu dapat menyebabkan timbulnya penyakit sosial di masyarakat. Rasa empati dan belas kasih kepada orang lain pun menjadi hilang dan digantikan dengan rasa egois yang tinggi di lingkungan masyarakat.

Tak hanya itu, hedonisme atau terus ingin hidup mewah juga menjadi dan tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya asalkan dirinya sendiri merasa senang juga menjadi dampak dari pergaulan bebas.

  • Masalah Kesehatan

Dampak lainnya dari pergaulan bebas ialah masalah kesehatan. Dimana, penyakit menular seksual dapat menular dengan sangat mudah terutama bagi mereka yang sering bergonta-ganti pasangan. Tak hanya itu, penggunaan jarum suntik yang tidak steril juga menjadi penyebab penyakit HIV dapat menular dengan mudahnya.

Tentu saja, banyak sekali dampak yang diakibatkan oleh pergaulan bebas yang satu ini. Kesadaran diri sendiri akan bagaimana memiliki masa depan yang cerah serta peran dari orang tua yang selalu memberikan pengawasan juga dapat mengurangi tingkat kenakalan dikalangan remaja. Demikian pembahasan mengenai penyebab dan dampak pergaulan bebas, semoga bermanfaat untuk Anda.