Perhatikan 9 Hal Ini Jika Ingin Tempat Tidur Anak yang Bisa Digunakan Hingga Remaja.

Perhatikan 9 Hal Ini Jika Ingin Tempat Tidur Anak yang Bisa Digunakan Hingga Remaja.

Ketika orang dewasa mencoba mencari waktu dan kesempatan untuk bisa tidur lebih banyak, anak-anak malah sebaliknya. Dibandingkan tidur, mereka akan lebih memilih untuk bermain ataupun menonton TV. Hal ini tidak jarang membuat Anda sebagai orang tua menjadi kesulitan untuk menghadapi mereka.

Sebenarnya, untuk menghadapi dan membujuk anak yang sulit tidur ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan menciptakan kamar tidur yang nyaman dan menarik.

Sama seperti orang dewasa, anak pun menginginkan sebuah kamar yang bisa membuatnya betah berada lama-lama di dalamnya. Kira-kira apa ya yang bisa membuat buah hati bisa betah lama di kamarnya? Selain dari desain, perlengkapan di kamar juga sangat penting, termasuk tempat tidur anak.

Saat ini sudah ada banyak sekali tempat tidur untuk anak yang dijual di pasaran dengan berbagai macam bentuk dan warna menarik. Meskipun begitu, Anda tidak boleh asal dalam memilih.

Usahakan Anda memilih tempat tidur yang awet dan bisa digunakan hingga remaja. Harga cukup mahal tidak akan menjadi masalah utama asalkan kualitas terjamin.

Kira-kira apa saja ya hal yang perlu diperhatikan? Berikut ini tips memilih tempat tidur untuk anak yang dapat digunakan hingga usia remaja, sehingga Anda bisa lebih hemat dalam berbelanja.

  1. Perhatikan Faktor Keamanan

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tempat tidur anak adalah kenyamanan. Rasanya percuma saja desain dan modelnya menarik, namun justru menyulitkan buah hati ketika tidur. Kali ini Anda hanya perlu sedikit paham mengenai pola tidur dan gerakan yang biasanya dilakukan.

Jika buah hati memiliki kebiasaan tidur yang tidak beraturan atau banyak bergerak, maka pastikan setiap sudut dari tempat tidur tidak tajam, sehingga tidak akan melukainya.

Ada banyak bahan dalam pembuatan tempat tidur seperti kayu, besi dan lainnya. Periksa apakah setiap bagian pinggir ranjang sudah dihaluskan atau belum. Jika sudah maka langsung saja pilih dan aplikasikan ke kamar anak.

  1. Pilih Model Basic

Meskipun saat ini buah hati masih pada usia yang sedang suka dengan berbagai macam kartun dan karakter di dalamnya, bukan berarti Anda juga harus memilih tempat tidur anak berdesain kartun juga ya. Usahakan untuk menghindari tempat tidur karakter kartun dan warna-warna yang mencolok. Sebab tidak akan bisa digunakan pada jangka waktu lama.

Seiring dengan berjalannya waktu, misalnya saja saat remaja secara otomatis anak akan meminta tempat tidurnya diganti sesuai dengan usianya saat itu.

Nah, salah satu cara hemat agar bisa mengatasi masalah ini adalah memilih tempat tidur model basic, dimana nantinya Anda lebih leluasa mengganti seprai sesuka hati dan kehendak anak. Bahkan tempat tidur juga bisa digunakan hingga usia remaja.

  1. Pilih Ukuran Standar

Selain beberapa tips di atas, Anda pun harus memilih tempat tidur anak dengan ukuran standar. Tujuannya adalah agar anak bisa menggunakannya minimal hingga ia berusia remaja. Satu hal yang wajib Anda ingat, tumbuh kembang anak itu terasa sangat cepat.

Jadi ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli tempat tidur yang kecil, maka dapat dipastikan jika beberapa tahun ke depan Anda harus menggantinya. Sebab, ukuran yang kecil sudah tidak bisa lagi menampung buah hati.

  1. Sesuaikan Warna dengan Suasana Kamar

Dari beberapa tips di atas mungkin Anda masih merasa bingung. Jika memang iya maka selanjutnya Anda bisa menentukan nuansa atau suasana di dalam kamar. Setelah desain dan nuansa ditentukan maka selanjutnya Anda hanya perlu memilih tempat tidur anak yang sesuai atau senada.

Pada tips yang keempat ini usahakan untuk tidak memilih warna yang terlalu gelap sebab akan menjadikan kamar anak terkesan seram. Begitu juga sebaliknya, Anda pun wajib menghindari pemilihan warna yang terlalu terang sebab akan cukup mengganggu buah hati ketika ia sedang mulai belajar.

  1. Pilih Tempat Tidur Bertingkat

Tempat tidur anak bertingkat adalah alternatif paling tepat bagi Anda yang memiliki dua hingga tiga anak, sedangkan jumlah kamar di rumah Anda cukup terbatas. Tempat tidur bertingkat ini akan cukup membantu Anda, sebab terasa lebih efisien apalagi jika ruangan berukuran kecil atau minimalis.

Anda juga wajib memperhatikan keamanan dari tempat tidur tingkat tersebut. Pastikan jika bahan yang digunakan kokoh, sehingga buah hati tidak akan terjatuh ketika tidur di bagian atas. Selain itu, pilih tempat tidur anak dengan ukuran standar atau tidak terlalu dekat dengan langit-langit agar buah hati tidak terganggu ketika bangun dan berdiri.

  1. Lengkapi dengan Kasur yang Nyaman

Sebaiknya Anda melengkapi tempat tidur untuk anak dengan kasur yang nyaman, aman dan memiliki kualitas yang bisa diadu. Anda mungkin sudah paham benar di usia anak-anak buah hati akan cenderung melakukan beberapa aktivitas menantang seperti berlompat-lompat di atas kasur.

Jadi jika Anda tidak memilih kasur yang berkualitas, maka bisa dipastikan hanya dalam hitungan beberapa tahun saja kasur harus segera diganti.

  1. Pertimbangkan Beberapa Fitur yang Melengkapi Tempat Tidur

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini sudah banyak sekali penjual yang berinovasi dalam produknya. Termasuk juga pada tempat tidur anak yang dilengkapi dengan aneka macam fitur tambahan sebagai penunjang dari kenyamanan.

Beberapa kasur anak mungkin ada yang sudah dilengkapi dengan fitur menarik seperti anti alergi dan lainnya. Nah, kali ini Anda wajib mempertimbangkan fitur seperti ini agar buah hati lebih nyaman ketika tidur. Dengan fitur anti alergi Anda pun akan tidak perlu merasa khawatir dengan serangan debu yang menempel pada kasur.

  1. Ruang Penyimpanan

Sekarang memang sudah cukup banyak jenis tempat tidur yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan salah satunya adalah ruang penyimpanan. Anda pun bisa mempertimbangkan hal ini apabila kamar buah hati tidak terlalu luas.

Ruang penyimpanan pada tempat tidur anak bisa membantu Anda menyimpan beberapa benda kecil seperti mainan, buku, peralatan sekolah, baju dalaman dan lain sebagainya. Bagaimana cukup praktis bukan?

kuatkan hafalan anda dengan produk speaker al-qur’an

  1. Tempat Tidur Baru

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar orang tua pasti ingin hemat dalam setiap pengeluarannya. Hal ini sepertinya juga berlaku sama ketika membeli tempat tidur untuk anak. Alih-alih ingin hemat, kebanyakan orang tua akan memilih tempat tidur anak bekas dan pada akhirnya tidak terlalu jeli melihat kualitas yang dimiliki.

Memang tidak ada yang salah ketika memilih ranjang bekas. Namun perlu diingat, tujuan Anda kali ini adalah agar tempat tidur bisa digunakan hingga anak berusia remaja.

Jika bekas mungkin saja ada beberapa komponen yang sudah rusak, sehingga nantinya justru hanya bisa Anda gunakan sementara saja. Oleh sebab itu sebaiknya Anda beli yang baru saja.

Beberapa tips memilih tempat tidur anak di atas wajib untuk Anda perhatikan. Sebab memilih itu bukan asal, ada banyak hal yang wajib dipertimbangkan agar tidak kecewa di kemudian hari. Anda pun akan jauh lebih hemat karena keranjang yang ada bisa digunakan hingga anak remaja nantinya. Selamat mencobanya ya, semoga bermanfaat.