15 Ucapan Pernikahan Islami Untuk Kakak, Adik, Sahabat, Teman dan Mantan

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang merasa bingung bagaimana ucapan pernikahan islami yang sopan dan bisa memberikan kesan yang dalam bagi pasangan pengantin. Untuk membantu Anda mengucapkan ucapan pernikahan islami yang baik dan sopan, berikut ini ada beberapa contoh cara mengucapkannya baik untuk kakak, adik, sahabat, teman dan lain sebagainya.

Pernikahan adalah Sunnah dari Rasul

Pernikahan merupakan momen yang paling membahagiakan bagi semua orang. Terlebih lagi, pernikahan juga merupakan sunnah Rasul yang harus dilakukan. Hal ini sesuai dengan  sabda dari Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wassallam yang berbunyi,

Menikah itu adalah sunnahku. Akan tetapi apabila kalian enggan untuk menikah, maka kalian bukan golonganku.”

Tak hanya itu, dalam hadits lain Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wassallam juga menjelaskan,

Barangsiapa yang membenci sunnahku, maka ia bukan termasuk dalam golonganku.”

Pernikahan merupakan momen yang paling membahagiakan dan tidak terlupakan. Oleh karena itu, wajib bagi kita sebagai umat muslim untuk memberikan ucapan pernikahan Islami kepada kerabat, sahabat, teman atau yang lainnya saat mereka telah melaksanakan proses pernikahan.

Baca tentang Arti ta’aruf disini.

Ucapan Ucapan Pernikahan Islami Untuk Salah Satu Anggota Keluarga

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang merasa canggung untuk mengucapkan ucapan pernikahan islami kepada saudara kandung ataupun anggota keluarga yang lainnya. Nah, di bawah ini ada contoh yang bisa Anda pilih untuk diucapkan dalam momen bahagia tersebut.

“Selamat menempuh hidup baru my brother, saat ini Kamu telah menjadi imam yang memiliki sebuah amanah serta tanggung jawab yang amat besar untuk istrimu dan anak-anakmu nanti. Tetaplah memiliki semangat besar untuk senantiasa membahagiakan istri dan anak-anakmu nanti. Semoga Tuhan selalu menjagamu dan memberikan keberkahan dalam pernikahanmu.”

Tak hanya itu saja kalimat yang bisa Anda ucapkan di momen yang bahagia. Tentunya, masih ada contoh lainnya yang bisa Anda tiru sebagai ucapan pernikahan islami.

“Bahagia selalu ya saudaraku, semoga Tuhan selalu memberikan keberkahan di dalam hidup rumah tanggamu. Semoga segera diberikan momongan yang lucu-lucu agar bisa meramaikan rumahmu. Aamiin.”

“Barkallahu lakuma wa Barak alaikuma wa jamaa bainakuma fii khoir. Semoga selalu diberikan kebahagiaan ya kakakku. Semoga Allah selalu menuntun Kamu dan istri beserta anak-anakmu kelak menuju cinta Allah. Semoga kakak diberikan anak yang sholih dan sholihah dimana mereka nanti dapat membahagiakan kedua orang tua dan menuntun istrimu ke surga. Aamiin.:

“Barakallahu laka, selamat menempuh hidup baru ya kak. Jadilah istri yang sholehah dan ladang pahala bagi suamimu. Jadilah ibu dan guru yang baik bagi anak-anakmu kelak. Suka duka dalam pernikahan akan sepenuhnya lebih besar dari sebelumnya. Semoga kekuatan cinta kalian mampu menjadi sebuah perisai dalam membentuk keluarga baru dan islami, damai serta dapat melindungi dari berbagai hal buruk.”

Itulah beberapa ucapan pernikahan islami yang bisa Anda ucapkan untuk salah satu anggota keluarga Anda yang sedang menempuh momen bahagia dalam hidupnya. Anda juga bisa menyelipkan do’a dan berharap agar pernikahannya bisa sakinnah, mawaddah, warohmah.

kuatkan hafalan anda dengan produk speaker al-qur’an

Nah, bagi Anda yang ingin memberikan ucapan pernikahan islami bagi sahabat, berikut ini ada beberapa contoh yang bisa Anda tiru.

Ucapan Pernikahan Islami Untuk Sahabat

Bagi sahabat yang sedang menjalani momen bahagia dalam hidupnya, memberikan ucapan pernikahan islami memang wajib hukumnya. Nah, apabila bingung bagaimana cara memberikan ucapan selamat yang berkesan, berikut ini ada beberapa contoh ucapan pernikahan islami yang bisa Anda tiru.

Anda bisa memulainya dengan mengucapkan, “Barakallahu lakuma wa barak alaikuma” yang memiliki arti: “Semoga Allah memberikan kalian kemudahan dan keberkahan yang melimpah atas keberkahan kalian.”

“Kini kau telah menjadi seorang istri, jangan lupa untuk selalu berbakti kepada suamimu. Jadilah ibu yang baik untuk anak-anakmu nanti. Semoga kehidupan pernikahanmu selalu dobeerikan keberkahan dan kebahagiaan hingga ajal menjemput. Aamiin.”

“Mengingat masa-masa kita dulu yang kemana-mana selalu bersama namun saat ada di atas pelaminan tidak bisa bersama. Akan tetapi, kebahagiaanmu juga kebahagiaanku. Semoga pernikahamu ini bisa menjadi ladang ibadah untukmu dan istri. Selamat menempuh hidup baru sahabatku.

“hanya harapan dan do’a yang baik yang bisa aku berikan kepadamu sahabatku. Semoga dengan adanya jalinan pernikahan ini menjadikan cinta diantara kalian berdua semakin kuat untuk bertahan dari terpaan suka dan duka dalam hidup rumah tangga kalian. Aamin.”

Di atas merupakan beberapa contoh yang bisa Anda tiru untuk memberikan selamat kepada sahabat. Tentunya, Anda juga bisa menambahkan beberapa kata di dalamnya.

Baca tentang Parenting Islami disini

Ucapan Pernikahan Islami untuk Mantan

Tak hanya anggota keluarga dan sahabat saja yang harus Anda berikan ucapan pernikahan islami. Namun, Anda juga bisa memberikan ucapan selamat kepada mantan yang telah menempuh hidup baru dengan pasangannya.

Jika Anda merasa canggung dan bingung bagaimana cara mengucapakannya dengan benar, di bawah ini ada beberapa contoh ucapan pernikahan islami untuk mantan.

“Hatiku juga merasakan kebahagiaan melihat Kamu bahagia bersanding dengan orang yang Kamu cintai di pelaminan. Selamat menikah dan selamat menempuh hidup baru ya kawan. Semoga selalu diberikan keberkahan di dalam rumah tanggamu. Aamiin.”

“Akhirnya Kamu telah menemukan orang yang tepat dan Kamu cintai untuk bersanding di sampingmu. Semoga rumah tanggamu selalu kuat menghadapi suka duka kehidupan. Selamat menempuh hidup baru.’

“Mungkin aku ialah orang yang sangat bahagia dengan pernikahanmu, dari sekian lama Kamu menanti maka hari ini adalah awal kebahagiaanmu bersama pasanganmu. Semoga kalian selalu dilimpahi dengan kebahagiaan. Aamiin.”

“Janur kuning telah melengkung, dan itu pertanda Kamu telah menemukan pendamping terbaik di dalam hidupmu. Semoga kelak keluargamu menjadi keluarga yang sakinnah, mawadah dan warahmah. Semoga segera diberikan momongan yang dapat membanggakan orang tua, Aamiin.”

Anda juga bisa menyelipkan do’a yang telah dianjurkan oleh Rasulullah Shallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dengan beberapa contoh ucapan pernikahan islami untuk mantan diatas, tentu saja akan sangat membantu Anda untuk mengucapkan kata selamat bagi seseorang yang perna ada dalam hidup Anda.

Ucapan Pernikahan Islami Untuk Teman

Anda pun bisa  memberikan selamat bagi teman Anda yang telah menempuh hidup baru. Jika Anda bingung bagaimana cara mengucapkannya, berikut ini ada beberapa contoh yang bisa Anda tiru.

“tidak ada yang jauh lebih indah daripada membangun sebuah keluarga yang penuh dengan cinta dan kasih sayang apalagi dengan orang yang dicintai. Selamat menikah dan selamat menempuh kehidupan baru.”

“Temanku, selamat menempuh hidup baru semoga kehidupan pernikahanmu ini bisa selalu diberkahi oleh kebahagiaan dan juga cinta. Semoga diberikan anak-anak yang sholi dna sholihah. Aamin.”

Beri Kado atau Hadiah Agar Lebih Berkesan

Tentu saja, agar memiliki kesan yang lebih dalam, tak hanya ucapan pernikahan islami saja yang bisa Anda berikan. Namun, Anda juga bisa memberikan kado ataupun hadiah yang menarik sebagai wujud bahagia atas pernikahan mereka.

Ucapkanlah Ucapan Pernikahan Islami Dengan Ikhlas

Tentunya, dengan memberikan ucapan pernikahan islami ikhlas dari dalam hati, ini akan memberikan kesan tersendiri bagi kedua mempelai. Nah itu dia beberapa contoh yang bisa Anda ucapkan untuk memberikan selamat atas pernikahan dari kakak, sahabat, teman ataupun mantan.